Kamis, 22 Oktober 2009

Pesawat Penumpang Terbesar Dunia Sukses di Debut Awal

Kamis, 28 April 2005 08:28
Kapanlagi.com - Pesawat penumpang terbesar sepanjang sejarah, Airbus A380, melakukan penerbangan uji coba pertamanya. Ribuan penggemar pesawat yang menjadi saksi ketika pesawat super jumbo itu tinggal landas untuk pertamakalinya bersorak dan bertepuk tangan.

Penerbangan berlangsung selama dua hingga empat jam, dengan mempertimbangkan kondisi cuaca dan kinerja pesawat. Pesawat itu tinggal landas dari tempat pembuatannya di Tolouse dengan enam awak pesawatnya dan sekitar 20 ton peralatan penguji.

Airbus yang merupakan perusahaan pembuat pesawat milik sebuah perusahaan Eropa EADS dan perusahaan Inggris BAE Systems, melihat A380 sebagai masa depan penerbangan. Pesaing utama Airbus, Boeing, sementara itu lebih mengkonsentrasikan diri pada pembuatan pesawat ukuran menengah jarak dekat dan pesawat andalannya, jet 747.

A380 yang dirancang untuk mengangkut penumpang sebanyak 840 orang dari satu bandara utama ke bandara utama lain, lepas landas dari tempat pembuatannya di Prancis Selatan pukul 08.30 GMT. Awak pesawat menerbangkannya di atas Teluk Biscane sebelum kembali ke pangkalan.

Kebanyakan uji coba akan dilakukan di ketinggian 10 ribu kaki dan dalam radius 100 mil dari Toulouse, demikian kata Peter Chandler, wakil proyek percobaan untuk A380. Lebih lima pupuh ribu orang menyaksikan lepas landas pertamanya.

Ia menambahkan kalau pesawat terbang dengan tanpa melipat roda pesawat untuk berjaga-jaga dan bahwa semua sistem hidrolik dan elektronik pesawat ini telah diuji coba sebelum melakukan penerbangan. Selama penerbangan data perbangan terus dipantau oleh sekelompok pakar lewat satelit, demikian penjelasan pihak Airbus.

Pilot ujicoba Airbus Jacques Rosay mengatakan, ''Kami yakin sepenuhnya dengan apa yang telah kami lakukan hari ini. Namun kami masih memerlukan beberapa kepastian. Kami harus berhati-hati selama penerbangan ujicoba, karena ketika menguji sesuatu yang baru, bisa saja terjadi sesuatu.''

Awak pesawat dilengkapi dengan parasit. Untuk keperluan darurat sebuah jalur penuntun ke pintu darurat dipasang. Lebih dari 50 ribu orang diperkirakan hadir menyaksikan tinggal landas pesawat itu, banyak diantara mereka duduk di rerumputan di dekat landas pacu.

Lepas landas itu juga disiarkan secara langsung di televisi dan ribuan lainnya menonton di layar raksasa di lapangan kota Toulouse. Uji coba penerbangan akan berlangsung sedikitnya satu tahun dan program pensertifikatan akan dilakukan sebelum A380 boleh dilepas ke pasar.

Setelah penerbangan perdana ini, para pilot ujicoba akan melakukan uji coba lebih lanjut yang lebih keras, dengan menguji puncak kecepatannya, ketinggiannya maupun daya tahan atas temperatur di sekitarnya, demikian kata para pakar. Proyek itu dipuji oleh berbagai kalangan termasuk Presiden Prancis, Jacques Chirac, sebagai cerita sukses Eropa. Namun demikian bukan berarti tanpa masalah.

Pada bulan Desember 2004. pemegang saham utama Airbus, EADS, yang memiliki 80% saham, mengungkapkan proyek itu mengalami over bujet hingga US$1 milyar. Biaya proyek keseluruhan menjadi US$8.4 milyar. (bbc/tut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar